BNPB Kirim 3 Helikopter Susur Daerah Terisolir Akibat Banjir di NTT

Info seputar HK Hari Ini 2020 – 2021.

Merdeka. com kacau Besar Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo mengutarakan, tiga unit helikopter diterbangkan ke daerah bencana di Nusa Tenggara Timur ataupun NTT. Menurut dia, tiga helikopter tersebut ditugaskan menyerempet area terisolir.

“Daerah terisolir akan kita bantu dengan helikopter untuk berikan bantuan makanan, minuman dan kebutuhan dasar yang lain. Kalau kurang akan kita tambah lagi, ” sekapur Doni saat jumpa pers daring, Senin (5/4).

Terkait desa terisolir, Wakil Gubernur NTT Josef Nai Soi merinci, kaum desa dan kecamatan dengan aksesnya terputus akibat jalanan rusak dan fasilitas infrastruktur terdampak.

“Jadi daerah yang masih terisolasi ada 6 desa pada Kabupaten Malaka karena sungai dan jembatannya putus. Lalu Flores Timur di Adonara ada 6 desa pula terisolir karena longsoran ulama yang tak dapat dilalui kendaran bermotor, juga Lebua ada enam kecamatan dengan terisolasi karena jalan pudar, ” jelas dia.

Sementara ini, status teranyar di lapangan sedang dalam proses pencarian dan pendataan korban hilang serta meninggal dunia. Doni tunggal memastikan hal ini mau terus berlangsung dalam kaum hari ke depan.

Namun begitu, Doni memastikan saat ini status darurat bencana belum dikeluarkan. Jenderal TNI bintang tiga ini meyakini bahwa kesiapsiagaan daerah dan seluruh pertolongan pihak terkait juga bangsa dapat menanggulangi bencana banjir bandang yang terjadi pada NTT saat ini.

Reporter: Muhammad Radityo

Sumber: Liputan6. com [rnd]