Menang Pilkada Bandung, Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan Berharap Segera Dilantik

Promo menarik pada undian Data HK 2020 – 2021.

Merdeka. com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung akhirnya menetapkan pasangan Dadang Supriatna-Sahrul Gunawan sebagai pemenang pilkada. Pelantikan keduanya masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Penetapan pemenang Pilkada Kabupaten tertuang dalam surat Nomor: 18/PL. 02. 7-Kpt/3204/Kab/III/ 2021 yang segera dikirimkan ke DPRD Kabupaten Bandung sebagai mekanisme menuju pelantikan. Salinan dokumen itu juga sudah diserahkan kepada Dadang Supriatna dan Sahrul Gunawan, Sabtu (20/3).

Datuk KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya menyatakan, bahwa oleh penetapan itu, tugas official dari penyelenggara pilkada telah rampung. “Pelantikan itu di luar tahapan dari proses Pilkada. Itu kewenangan dari Kementerian Dalam Negeri. Itu memang di luar tahapan, jadi bukan kewenangan kami, kami sendiri belum tahu pelantikannya (kapan), ” kata Agus.

Menanggapi penetapan itu, Dadang Supriatna menegaskan bahwa persaingan politik dalam pilkada sudah usai. Dia berharap dirinya segera dilantik agar bisa melaksanakan program dan janji kampanye.

“Jadi kami memohon kepada Gubernur selaku perwakilan pemerintah pusat buat bisa memfasilitasi, dan Kemendagri bisa memprioritaskan. Sudah hampir tiga bulan anggaran belum bisa direalisasikan, ” sebut Dadang.

Sebelumnya, proses penetapan pemenang Pilkada Kabupaten Bandung harus ditunda karena harus menunggu proses persidangan gugatan pasangan calon nomor satu terkait perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) ke Mahkamah Konstitusi.

Saat ini, Pemerintah Kabupaten Bandung dipimpin Penjabat sementara (Pjs) Sekda Kabupaten Bandung Asep Sukmana. [yan]