Meresap Zona Oranye, Pemkot Tasikmalaya Pastikan Gelar Salat Id di Masjid Agung

Jackpot hari ini Result HK 2020 – 2021.

Merdeka. com – Masjid Agung Tasikmalaya diperkirakan akan bisa digunakan buat salat sunat Idulfitri tarikh ini. Kepastian tersebut diungkapkan Plt Wali Kota Tasikmalaya, Muhammad Yusuf setelah Tanah air Tasikmalaya masuk pada wilayah zona oranye dalam penyebaran Covid-19.

“Ya Idulfitri ini kita mampu melaksanakan Salat Id dalam lapangan atau masjid terdekat di lingkungan rumahnya. Diharapkan masyarakat memanfaatkan masjid terdekat, termasuk juga Masjid Utama (Kota Tasikmalaya) yang hendak digunakan, ” kata Yusuf, Selasa (11/5).

Walau begitu, Yusuf menyebut bahwa seluruh jemaah dengan akan melaksanakan salat Id agar tetap menerapkan aturan kesehatan dan juga tidak sampai meluber. Kegiatan salat Id juga menurutnya akan dikawal dan diatur tepat oleh Tim Satgas Penangan Covid-19 Kota Tasikmalaya.

Tim satgas, menurutnya, akan turun untuk menyusun agar jemaah salat Id menjaga jarak dan menerapkan protokol kesehatan dengan langsung. “Warga juga harus mengindahkan masker. Kalau bisa para-para jemaah membawa hand sanitizer, ” ungkapnya.

Pembolehan salat sunat Id, dijelaskan Yusuf, setelah Praja Tasikmalaya yang kini sudah masuk zona oranye. Situasi tersebut terlihat dengan tingkat jumlah warga yang tertular mengalami penurunan, bahkan pada beberapa hari tidak tersedia pasien yang terkonfirmasi positif meninggal dunia.

Bagi Yusuf, hal tersebut menjadi tanda yang indah. Kondisi tersebut pun sepaham dengan kasus aktif yang terus mengalami penurunan. Yusuf berharap dengan kondisi tersebut masyarakat memahami dan bersama-sama ikut serta memutus rantai penyebaran Covid-19.

Kendati salat Id telah diperbolehkan digelar di masjid-masjid Kota Tasikmalaya, Yusuf menodong agar kegiatan takbiran dilakukan di rumah atau masjid saja. “Kalau takbir putaran itu kita hindari sungguh, karena menimbulkan kerumunan, sebab harus menjaga jarak, ” tutup Yusuf. [gil]