Satgas Ungkap Kasus Covid-19 di Cirebon Turun Akibat Pengurangan Tes Belai Masal

Dapatkan promo member baru Pengeluaran HK 2020 – 2021.

Merdeka. com – Ujung Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Cirebon, Jawa Barat Nanan Abdul Manan mengatakan kasus terkonfirmasi nyata Covid-19 beberapa hari menurun diakibatkan pengurangan kebijakan tes usap masal.

“Adanya pengurangan kebijakan tes usap masal menjadi satu diantara sebab penurunan kasus terkonfirmasi pasti, ” kata Nanan di Cirebon, Kamis (10/12).

Nanan mengatakan warga yang terkonfirmasi pasti Covid-19 di Kabupaten Cirebon setelah ada kebijakan tes usap massal melonjak, bahkan penambahan kasus semenjak hari lebih dari 100 karakter. Namun setelah kebijakan tes usap itu dikurangi, maka kasus terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Cirebon dalam beberapa hari ini terus menunjukkan penurunan, dan bahkan rerata per hari di bawah 50 kasus.

“Pada keadaan ini saja yang terkonfirmasi terekam 32 orang, ” katanya.

Dia menambahkan selain adanya pengurangan tes usap masal, kemerosotan kasus juga bisa terjadi karena tes kontak erat hasilnya minus. Dua melanjutkan saat ini Satgas lebih fokus melakukan tes usap kepada kontak erat kasus terkonfirmasi sebelumnya, agar bisa memutus ikatan penularan.

“Mungkin pencarian dari kontak erat dengan dengan terpapar hasilnya banyak yang negatif. Dan kami juga lebih fokus tes usap kepada kontak erat saja, ” kata Nanan. [gil]